Rabu, 08 Juni 2011

Nutrisi di Sekitar Pencegah Penyakit Kardiovaskuler Mematikan

E-mail Cetak PDF
Penyakit jantung dan pembuluh darah menduduki peringkat pertama penyebab kematian di dunia. Di Indonesia, menurut survey rumah tangga (SKRT 1995) penyakit ini juga penyebab kematian terbesar. Untuk mengantisipasi hal ini salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah menerapkan pola makan sehat. Pola makan memang sangat berperan dalam kejadian gangguan jantung (kardiovaskular). Berikut adalah 3 tips mudah agar Anda panjang umur, memiliki jantung sehat, dan tetap langsing:
1. Sempatkan Tidur Siang
Seperti petuah yang populer di beberapa negara, bahwa dengan menyempatkan tidur siang kita akan memiliki jantung yang sehat.
Tidur siang merupakan salah satu hal yang cukup terkenal di Spanyol bahkan hampir di sebagian besar Eropa Barat.
Mungkin inilah salah satu alasan kenapa penduduk Spanyol memiliki angka penyakit jantung yang rendah dibandingkan penduduk Amerika.

Menyempatkan tidur siang, menurut penelitian, secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah dan meminimalkan risiko penyakit jantung.
2. Makanlah Kacang-kacangan
Ingin tubuh tetap langsing? Cobalah makan kacang-kacangan setiap hari.
Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan serat yang mudah larut. Dua hal yang sangat penting dalam program penurunan berat badan.
Dengan makan kacang-kacangan kita akan merasa kenyang sehingga menunda rasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.
Selain itu, menyantap kacang-kacangan dapat juga membantu membakar lemak dan menstabilkan kadar gula dalam darah.
Jadi, jadikan kacang merah atau jenis kacang yang lainnya sebagai menu harian anda.
3. Konsumsi Yoghurt Setiap Hari
Di Pegunungan Kaukasus dekat Turki, orang-orang Abkhazia sangat terkenal karena mereka berumur panjang.
Dan mau tahu apa rahasianya? Mereka banyak mengonsumsi fermentasi kefir setiap hari, produk yang mirip dengan yoghurt.
Kefir mengandung bakteri L. acidophilus, yang juga ditemukan dalam yoghurt. Bakteri ini tumbuh subur di sistem pencernaan dan membantu tubuh dalam mencerna makanan lebih efisien serta melawan bakteri jahat.
Dengan jumlah yang cukup L. acidophilus di saluran pencernaan, akan membantu menjaga sel-sel usus lebih sehat.
Sel-sel usus akan menjadi lebih efektif dalam menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Nutrisi yang terserap sempurna merupakan satu rahasia agar badan tetap fit dan sehat.
Tidak ada hal yang lebih penting daripada memelihara kesehatan jantung Anda. Berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan mengontrol stres merupakan beberapa hal yang direkomendasikan para pakar kesehatan, tentu saja sekalian dengan mengkonsumsi berbagai nutrisi penting bagi jantung sehat.

Anda bingung dimana memulai? Tambahkan 5 makanan super berikut untuk menambah nutrisi sekaligus juga mendapatkan jantung yang lebih sehat.

Bluberi

Bluberi merupakan salah satu makanan top pembasmi penyakit. Hal ini, karena bluberi mengandung anthocyanin, antioksidan yang diperoleh dari warna biru bluberi. Makanan lezat ini kaya akan serat, vitamin C. Mengkonsumsinya akan memuaskan selera lidah sekaligus mewujudkan jantung Anda yang lebih sehat.

Salmon

Ikan air dingin ini merupakan sumber protein dan lemak asam omega-3 yang bagus untuk jantung. Anda direkomendasikan untuk mengkonsumsi ikan ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan keuntungan yang besar tidak hanya bagi kesehatan jantung.

Protein kedelai
Protein kedelai mengandung serat, vitamin, dan mineral yang merupakan kandungan makanan sehat untuk jantung. Diet yang kaya protein kedelai bisa menurunkan trigliserida, sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Protein kedelai juga baik bagi mereka yang mempunyai kolesterol tinggi karena protein kedelai kaya lemak poliunsaturated, serat, vitamin dan mineral.

Oatmeal

Oat merupakan biji-bijian murni yang kaya akan vitamin, mineral serta serat yang efektif menurunkan kolesterol. Diet yang kaya oat bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa oat menurunkan kadar kolesterol, menjaga agar tetap pada kadar normal dan membantu mencegah beberapa jenis kanker tertentu.

Bayam

Popeye tahu manfaat bayam. Bayam merupakan kekuatan utama dari kerajaan sayuran. Warnanya yang gelap berasal dari berbagai macam phytochemical, vitamin, dan mineral (khususnya folat dan besi) yang berperan melawan penyakit, melindungi dari penyakit jantung, serta mempertajam pandangan mata. (fn/tkp/mi/gz) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar