Senin, 08 Agustus 2011

5 Cara Oke Ulik Dosen Pelit Nilai

Riani Dwi Lestari
 
Ilustrasi : Corbis
Ilustrasi : Corbis
JAKARTA - Pernahkah kamu diajar oleh dosen berhati es yang hobi memukul rata nilai mahasiswanya? Tanpa peduli usaha kita untuk menjawab soal-soal yang enggak masuk akal dari si dosen itu?
Atau kamu sekarang baru saja terima Indeks Prestasi Kumulatif (PIK) dan menilai hasil tersebut tidak sesuai dengan perhitunganmu? Sehingga kamu ingin mengklarifikasikan hal tersebut.

Tapi, bagaimana caranya ya menghadapi hal tersebut? Tips dari Education Portal yang dikutip Senin (8/8/2011) akan membuka tabir keraguanmu untuk memperjuangkan nilai-nilaimu.

Berikut cara oke mengulik sang dosen pelit nilai:

1. Beri Waktu.
Jangan langsung melancarkan konfrontasi dengan dosenmu begitu kamu terima hasil nilai. Beri dia waktu sekira sehari setelahnya. Kenapa begitu? Sebab, kamu perlu kepala dingin untuk bernegosiasi dengan dosenmu, dan kamu bisa memikirkan apakah perlu meminta beliau meninjau nilai-nilaimu. Kritisi betul nilaimu, kalau perlu hitung totalnya sesuai dengan cara peraturan kampusmu.

Jika kamu memang menemukan kejanggalan, dan yakin kejanggalan itu bukan salahmu, kamu perlu menyiapkan langkah berikutnya.

2. Tetap Tenang.
Kalau kamu sudah mempelajari nilaimu, dan yakin untuk berbicara kepada dosenmu, maka yang perlu kamu lakukan adalah tetap tenang dan segera temui dosenmu dengan senyum dan kepala dingin.

3. Usahakan Sopan.
Sikap tenang belum bisa meredakan rasa kesalmu? Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan kembali sebelum memulai negosiasi dengan dosenmu. Gunakan bahasa yang sopan, tunjukkan penghargaanmu terhadap beliau. Kemudian, kemukakan keluhanmu secara jelas dan teratur. Ingat, dosen akan menghargaimu jika kamu mengahargai dia terlebih dahulu.

4. Hindari Membandingkan.
Jangan membandingkan dosenmu dengan dosen lain dalam hal apapun. Itu akan membuatmu terlihat objektif dan logis saat mengritiknya. Sikap membandingkan akan membuatnya terlihat tidak kredibel di depanmu dan akan melukai perasaannya. Tanyakan baik-baik alasannya memberimu nilai tersebut dan katakan padanya kamu akan berusaha lebih baik lagi.

5. Diplomatis.
Hadapi dosenmu dengan cara diplomatis, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Ingat, dosen juga manusia! Jadi betapapun besarnya kesalahan dia, dia juga ingin diperlakukan dengan rasa hormat.

sumber : www.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar