Liburan akhir tahun sudah lewat, dan tahun baru sudah berjalan. Kini 
saatnya untuk kembali ke pekerjaan dan aktivitas Anda sehari-hari dengan
 lebih produktif dan bersemangat. Tetapkan komitmen bahwa tahun ini akan
 lebih baik daripada tahun sebelumnya. Mari memulai!
1. Anda pasti bisa.
1. Anda pasti bisa.
Jangan pernah menganggap diri tak mampu melakukan suatu pekerjaan, 
karena Anda pasti bisa. Bagi banyak orang, tekanan justru bisa menjadi 
pendorong untuk bisa lebih maju dan berkembang. Yang harus dilakukan 
adalah mengontrol manajemen waktu Anda, mengatur tingkat stres, dan 
menghilangkan hambatan dalam pekerjaan dengan cara Anda. Anda mampu 
melakukan berbagai hal dengan baik, karena itu jangan langsung menyerah 
sebelum mencoba. Percaya diri dengan kemampuan Anda, dan belajar untuk 
menyelesaikan semua tugas tersebut dengan baik.
2. Tentukan target.
2. Tentukan target.
Untuk mencapai hasil pekerjaan yang maksimal, tentukan target yang ingin
 Anda capai dalam bekerja. Namun, tentukan target yang terukur, dan 
sesuai kemampuan, agar Anda mampu merealisasikannya. Hal ini termasuk 
target waktu, berapa lama Anda dapat mencapai tujuan Anda. Adanya target
 dalam pekerjaan membuat Anda akan sedikit memiliki tekanan, dan membuat
 Anda lebih serius dan lebih produktif dalam melakukan pekerjaan.
3. Memotivasi diri.
3. Memotivasi diri.
Seringkali zona nyaman dalam pekerjaan membuat Anda terbuai dan tidak 
produktif bekerja. Motivasi dan tantangan dalam bekerja merupakan pemicu
 penting untuk meningkatkan produktivitas, sehingga Anda bisa fokus 
untuk mencapai tujuan pribadi maupun profesional. Banyak hal kecil di 
sekitar Anda yang sebenarnya bisa menginspirasi serta memotivasi Anda 
untuk bekerja lebih baik lagi.
4. Jangan mencari alasan.
4. Jangan mencari alasan.
Setiap orang memiliki alasan mengapa mereka tidak bisa mencapai tujuan, 
atau memenuhi target mereka masing-masing. Misalnya, Anda tidak bisa 
berkonsentrasi menyelesaikan tugas karena banyak tukang yang sedang 
merenovasi ruang rapat di kantor. Ini bukan alasan yang tepat untuk 
mengendurkan pekerjaan. Anda harus berhenti mencari alasan untuk setiap 
kegagalan yang Anda buat sendiri. Carilah solusi yang dapat Anda lakukan
 agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik, karena Anda lah yang memegang
 kontrol atas diri Anda dan pekerjaan Anda.
5. Hilangkan kata "tidak bisa" dari kamus Anda.
5. Hilangkan kata "tidak bisa" dari kamus Anda.
Kata-kata "tidak mampu" atau "tidak bisa" memiliki makna bahwa Anda 
secara fisik tidak bisa melakukan apapun. Namun hal ini mungkin juga 
menjadi kode bahwa "saya tidak mau melakukannya" atau "ini pekerjaan 
yang terlalu melelahkan". Sebenarnya Anda harus menghilangkan kata-kata 
tersebut dalam pikiran jika Anda ingin mencapai tujuan dan target Anda. 
Kata-kata memiliki pengaruh yang besar bagi psikologis Anda. Ketika Anda
 berkata mampu melakukan sesuatu, selalu ada solusi untuk membantu Anda 
mengerjakan tugas-tugas.
6. Berusaha yang terbaik.
6. Berusaha yang terbaik.
Untuk medapatkan yang terbaik dan produktif dalam bekerja, Anda harus 
benar-benar berkomitmen untuk bekerja lebih keras, dan mencari tahu apa 
yang bisa memotivasi Anda. Berkomitmenlah untuk bersikap proaktif, 
berani ambil resiko, dan menghilangkan alasan-alasan. Jika Anda tidak 
berkomitmen untuk membuat perubahan, maka segala sesuatunya akan selalu 
tetap sama.
7. Lakukan sekarang.
7. Lakukan sekarang.
Jangan terus-menerus mengulur waktu untuk memulai berbagai hal baik 
dalam bekerja. Lakukan sekarang juga agar Anda semakin mudah untuk 
mendapatkan tujuan, dan semakin produktif bekerja untuk meningkatkan 
karier.
(Sumber: Kompas.com http://www.gallerydunia.com/2012/03/7-cara-melawan-rasa-tak-mampu.html)
(Sumber: Kompas.com http://www.gallerydunia.com/2012/03/7-cara-melawan-rasa-tak-mampu.html)

 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar