Selasa, 27 Agustus 2013

Kuaci, Cemilan Imut Kaya Manfaat


Kuaci, Cemilan Imut Kaya Manfaat
Ilustrasi
Muslimahzone.com – Kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari tak disangka menyimpan banyak nutrisi. Tingginya kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari dapat membantu melindungi neuron di otak dari stres oksidatif. Perlindungan inilah yang menjaga daya ingat tetap awet muda.
Saat Anda sedang bad mood, ngemil kuaci juga menjadi penolong. Kandungan Tryptophan, asam amino yang bertanggung jawab memproduksi serotonin dalam tubuh, akan membantu mengurangi ketegangan, membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur. Demikian pula kandungan magnesiumnya yang juga berkhasiat sebagai ‘obat penenang’.
Biji bunga matahari juga anti-stroke dan anti-kanker karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Makan satu perempat cangkir kuaci setiap hari mampu menjauhkan diri dari penyakit jantung. Pasalnya kandungan pitosterol dalam kuaci membantu tubuh menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri.
Sementara vitamin E, selenium, tembaga dan senyawa Ligan dalam bunga matahari bersama-sama membantu mencegah kerusakan sel yang mengarah pada pembentukan risiko kanker. Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari pun mampu menyehatkan kulit dari dalam sebab vitamin E ini menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.
Kuaci juga memiliki mineral yang baik bagi kesehatan tulang. Misalnya kalsium, magnesium, dan tembaga. Sebagai bonusnya, kuaci mengandung vitamin E yang membantu penderita nyeri sendi meredakan kondisinya.
Beberapa penyakit yang disebabkan oleh inflamasi alami seperti nyeri sendi, lesi pada lambung, dan asma bisa diredakan dengan makan kuaci. Sebab kuaci biji bunga matahari adalah sumber antioksidan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar