Selasa, 27 Agustus 2013

Makanan Sederhana yang Luar Biasa Bermanfaat


Tujuh Makanan Pengganti Dokter


Tujuh Makanan Pengganti Dokter
foto: tempo.co
MuslimahZone.com – Beberapa makanan yang sehari-hari kita makan ternyata memiliki banyak khasiat. Diantara khasiatnya, dapat menguatkan sistem imun karena bersifat anti bakteri dan anti virus. Beberapa pula mengandung senyawa anti kolesterol untuk meningkatkan kesehatan jantung juga senyawa anti-oksidan pencegah kanker.
Jika kita mengetahuinya tentu saja ini menjadi keuntungan bagi kita untuk menjaga kesehatan kita. Berikut tujuh makanan jagoan yang dapat kita jadikan dokter pribadi kita:
1. Tomat
Penelitian di Italia menunjukkan bahwa konsumsi tomat mentah minimal satu buah per hari akan mengurangi resiko terhadap kanker. Cabe dan stroberi dapat menjadi pengganti jika kita tidak menyukai tomat.
Penelitian Universitas Harvard terhadap 48.000 orang pada tahun 1995 menunjukkan, orang yang memakan sepuluh kali hidangan yang mengandung tomat per minggu akan turun resikonya terkena kanker prostat sampai hampir separuhnya.
2. Bawang Putih
Bawang putih dapat menguatkan daya tahan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel darah putih yang bertugas melawan penyakit. Bawang putih pula dapat memicu aktivitas sel tubuh pembunuh bakteri dan virus dan meningkatkan produksi antibodi.
Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu melemahkan dan membunuh sedikitnya 72 bakteri yang menyebabakan diare, disentri, keracunan makanan yang serius dan radang otak.
Bawang putih pernah menjadi antibiotik dan anti septik yang kuat yang digunakan oleh para prajurit Rusia semasa Perang Dunia II dulu.
Bawang putih juga berperan sebagai anti-oksidan yang mengurangi pertumbuhan radikal bebas dalam aliran darah.
Kita juga bisa mengurangi resiko terkena kanker perut sebesar 40% dengan rajin mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih juga baik bagi jantung untuk memastikan trombosit tidak melekat yang menyebabkan pembuluh darah halus tersumbat.
3. Anggur
Anggur mengandung komponen yang mengan dung resveratrol yang menghalangi pertumbuhan tumor. Anggur juga mengandung asam algik yang mencegah sekresi enzim buruk pemicu kanker. Kalau kita tidak suka anggur, apel, stroberi dan raspberi pun mengandung banyak resveratrol.
 4. Jeruk
Dalam semua jenis jeruk terdapat zat yang disebut limonen yang mampu memecah unsur karsinoge dan merangsang sel imun pembunuh kanker.
5. Kedelai
Kedelai mengandung sejumlah besar antikarsinogen, terutama isoflavonesIsoflavones dangenistein melindungi kita dari kanker. Genistein adalah anti-estrogen yang mengurangi resiko terkena kanker hormonal seperti kanker payudara. Kedelai juga merupakan sumber protein yang paling baik.
 6. Cabai
Bahan pedas dalam cabai, capsaicin, dapat melawan karsinogen berbahaya dan mencegah mengumpulnya nitrit dan amina. Semakin pedas cabai, kandungan capsaicin-nya semakin banyak.
 7. Tempe
Sebagai makanan tradisional yang sudah merakyat, hampirtak satu orang pun di Indonesia yang tak mengenalnya. Tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Kandungannya baik sekali,  terdiri atas zat aktif antibiotik hasil produksi kapang jamurnya, dan vitamin (alfa tokoferol).
Demikian, dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bermanfaat insya Allah tubuh kita akan sehat dan kuat. Sehingga kita bisa senantiasa beribadah dan beramal shalih. Semoga kita bisa menjaga amanah tubuh kita, menunaikan haknya.
Disadur dari buku “Jangan ke Dokter Lagi! Rahasia Sistem Imun dan Kiat Menghalau Penyakit”, penulis: Tauhid Nur Azhar dan Bambang Trim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar