Kamis, 06 Januari 2011

Tips Ringan (20) : Linux Islam indonesia




Linux Islam indonesia
Oleh: Eramuslim.net

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:dCBozrmV3Mp4sM:http://masnugros.files.wordpress.com/2008/07/linux-penguin-full.jpgTentang Tajdid Linux adalah distro linux yang di kembangkan bersama oleh kaum muslimin yang di pelopori oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan POSS UMS.

Demi menghasilkan Linux Islam indonesia yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Menghadirkan filosofi kemudahan, kehandalan dengan slogan distro studi dan dakwah Islam. Tajdid Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan Linux Islam khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan.

Pudingmu merupakan aplikasi perpustakaan dijital yang di dalamnya terdapat
koleksi buku, makalah, artikel, jurnal dan ke-Islam-an pada umumnya. sedangkan pudingmu disini yang digunakan adalah versi awal yang sangat sederhana. Namun ke depannya akan dibangun sistem perpustakaan yang dapat menyimulasikan keadaan perpustakaan sebenarnya. Ada fitur pengelolaan koleksi, pencarian, serta dapat melakukan sinkronisasi dengan server pusat untuk memutakhirkan koleksi secara otomatis.

Sementara bookmark ayat-ayat semesta adalah kumpulan indeks ayat-ayat kauniyah yang dikumpulan Dr. Agus Purwanto. Bookmark ini kemudian diintegrasikan dengan aplikasi mushaf Qur`an dijital paling populer di linux, Zekr, sehingga ketika dipilih indeks tertentu akan langsung dibukakan ayat yang dimaksud dan dapat dilantunkan ayat-nya oleh Qari Misyari Al-Afasy (kuwait).

Selain kedua aplikasi tersebut, masih terdapat banyak aplikasi pendidikan dan ke-Islam-an, aplikasi simulasi teropong bintang, bola dunia, serta dimasukkannya aplikasi perkantoran populer, OpenOffice.org. Semua aplikasi tersebut langsung tersedia dan bisa didapatkan secara bebas.

website : http://tajdidlinux.org
email : humas@...
Millis : http://groups.google.com/group/tajdid-dev?hl=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar