Selasa, 21 Desember 2010

Siapa sich yang bersih dari DOSA ...


10 PENGHAPUS DOSA

1.Taubat

فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلاَةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا. إلا من تابوءامن وعمل صالحا فأولائك يدخلون الجنة ولايظلمون شيئا. ( مريم : 59-60).

“Maka datanglah sesudah mereka , pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemui kesesatan. Kecuali orang-orang yang bertaubat dan beramal shalih, maka mereka itu akan masuk kedalam jannah dan tidak dianiaya (dirugikan) sedukitpun”. (Maryam : 59-60).

} وَالَّذِينَ إِذَآ أَنفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَلِكَ قَوَامًا . وَالَّذِينَ لاَيَدْعُونَ مَعَ اللهِ إِلَهًا ءَاخَرَ وَلاَيَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللهُ إِلاَّ بِالْحَقِّ وَلاَيَزْنُونَ وَمَن يَّفْعَلْ ذَلِكَ يَلقَ أَثَامًا . يُضَاعَفُ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا
إِلاَّ مَنْ تَابَ وَءَامَنَ وَعَمِلَ عَمَلاً صَالِحًا فَأُوْلَئِكَ يُبَدِّلُ اللهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا.
( الفرقان: 68 -70).
“Dan orang-orang yang tidak menyembah Rabb selain beserta Allah, dan tidak membunuh jiwa yang diharam,kan oleh Allah, kecuali denagn alasan yang benar, dan tidak berzina. Barang siapa yang melakukan hal yang demikian itu niscaya dia mendapat balasan atas dosa-dosanya itu. Akan dilipat gandakan adzab bagi mereka pada hari kiamat, dan ia kekal didalam adzab itu dalam keadaan hina. Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan beramal shalih, maka mereka tiu kejahatan mereka digantikan oleh Allah denagn kebajikan. Dan adalah Allah maha pengampun lagi maha penyayang”. (Al Furqan: 68-70).

قُلْ يَاعِبَادِي الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنفُسِهِمْ لاَتَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ اللهِ إِنَّ اللهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ. ( أزمر: 53).
“Katakanlah: “Hai hamba-hambaku yang melampoi batas terhaap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang”. (Az Zumar: 53).  

2. Istigfar

3. Amal kebaikan
 وَأَقِمِ الصَّلاَةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ الَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِينَ .
( هد : 114).
 “ Dan tegakkanlah shalat pada kedua penghujung siang (pagi dan petang), dan paa bagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang buruk itu akan menghapuskan (dosa) perbatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat”. ( Hud: 114).

Dalam sebuah haits rasulullah Salallhu’alaihiwasallam bersabda:

إتق الله حيث ما كنت واتبع السيئة الحسنة تمحوها و خالق الناس بخلق حسن

“ Bertakwalah kamu kepada Allah dimana saja kamu berada, dan ikutilah amalan kejelekan denagn amalan-amalan kebaikan yang menghapuskan (dosa) kejelekan itu dan pergaulilah manusia denagn akhlaq yang baik”.
  
4. Musibah
Rasulullah Salallhualaihiwasallam bersabda:

عن أبي سعيد الخدري قال : قال قال رسول اله صلى الله عليه وسلم : ما يصيب المؤمن وصب ولا نصب لا غم ولا هم و لا حزن إلا كفر بها حطاياه . (رواه البخاري و مسلم).

5. Adzab kubur

6. Do’a dan istigfar kaum muslimin

7. Amalan yang diperuntukkan baginya oleh orang-orang beriman yang masih hidup

8. Ketika meniti shirat

9. Syafa’at orang-orang yang diberi hak oleh Allah

10. Ampunan Allah

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ ءَامِنُوا بِمَانَزَّلْنَا مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَكُم مِّن قَبْلِ أَن نَّطْمِسَ وُجُوهًا فَنَرُدَّهَا عَلَى أَدْبَارِهَآ أَوْنَلْعَنَهُمْ كَمَا لَعَنَّآ أَصْحَابَ السَّبْتِ وَكَانَ أَمْرُ اللهِ مَفْعُولاً. ( النساء :47).
“ Hai orang-orang yang telah diberi al kitab, beimanlah kamu kepada apa yang telah kami turunkan (Al Qur an) yang membnarkan kitab yang ada pada kalian, sebelum kami merubah mukamu. Lalu kami puatar kebelakang atau kami kutuk mereka sebagaimana kami telah mengutuk orang-orang yang berbuat maksiat pada hari sabtu dan ketetapan Allah pasti berlaku. (An Nisa’:47).

إِنَّ اللهَ لاَيَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَادُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَآءُ وَمَن يُشْرِكْ بِاللهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلاَلاً بَعِيدًا .
 ( النساء: 116).
11. Goncangan pada hari kiamat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar