Selasa, 29 Maret 2011

Latihan Fisik Sederhana untuk Tingkatkan Tinggi Badan

Merry Wahyuningsih - detikHealth



Jakarta, Semua orang tentunya ingin memiliki tinggi badan yang ideal agar dapat tampil dengan kepercayaan diri. Namun seiring bertambahnya usia, pertumbuhan tinggi badan akan berhenti secara alami. Dengan latihan fisik sederhana, tinggi badan optimal tetap bisa diperoleh.

Dilansir Livestrong, Selasa (9/11/2010), latihan fisik sederhana berikut dapat mengoptimalkan tinggi badan Anda:

1. Latihan pernapasan yang benar
Percaya atau tidak, teknik pernapasan yang salah dengan perluasan diafragma dan otot pernapasan yang buruk dapat menyebabkan tulang dada dan tulang rusuk memendek. Pernapasan dangkal, kondisi fisik dan sikap tubuh yang buruk dapat memberikan kontribusi pada pengembangan diafragma yang salah.

Latihan pernapasan dalam seperti yoga, pilates dan tai chi adalah cara yang tepat untuk pola pernapasan dalam kehidupan sehari-hari. Latihan ini juga bisa mengoptimalkan tinggi badan Anda.

2. Peregangan
Pada kondisi otot-otot yang ketat atau tegang, maka otomatis tubuh Anda akan memendek. Siapapun yang ingin latihan untuk meningkatkan tinggi badan terlebih dahulu harus melakukan peregangan otot untuk membiarkan kembali normal.

Ketika otot dalam keadaan yang sudah normal atau tidak tegang, maka tubuh akan mampu mencapai potensi tinggi badan yang maksimal.

Cobalah melakukan latihan peregangan pada otot paha belakang, betis, pinggul, dada dan leher setiap hari. Otot-otot pendek dan tegang perlu waktu untuk meregang dan kembali ke posisi normal.

Disarankan untuk menahan semua peregangan selama 60 detik tiap peregangan, sehingga memberikan waktu pada otot untuk memanjang.

3. Olahraga
Olahraga yang dapat meningkatkan tinggi badan adalah latihan yang fokus pada gerakan yang meningkatkan postur tubuh. Salah satunya adalah olahraga dayung. Olahraga dayung memungkinkan Anda memperkuat punggung bagian tengah dan bahu, yang pada gilirannya membantu menjaga postur tetap tegak.

Selain itu, berenang juga efektif meningkatkan tinggi badan karena mengoptimalkan gerak pada otot bahu, tangan, dada dan kaki.


(mer/up)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar