Rabu, 30 Maret 2011

Tahukah Kamu, Nutrisi Tertinggi Buah Ini Ada Pada Kulitnya




Kekhawatiran akan residu pestisida yang tertinggal di kulit buah membuat banyak orang takut mengonsumsi buah-buahan secara langsung. Padahal, beberapa jenis buah seperti apel menyimpan nutrisi yang penting tepat di bawah kulitnya. (foto: Google)
Dibuang sayang. Jangan menikmati manfaat buah hanya dari dagingnya saja, karena kini saatnya kita melahap juga khasiat dari kulit buah kegemaran kita.

Kekhawatiran akan residu pestisida yang tertinggal di kulit buah membuat banyak orang takut mengonsumsi buah-buahan secara langsung. Padahal, beberapa jenis buah seperti apel menyimpan nutrisi yang penting tepat di bawah kulitnya.

"Kalau kulitnya dikupas, tentu vitaminnya bisa ikut terbuang. Memang ada nutrisi di daging buah tapi biasanya sedikit," kata dr Inge Permadhi, ahli gizi dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Karena itu, ia menganjurkan agar buah-buahan dimakan langsung dengan kulitnya.

Untuk meminimalkan residu pestisida, dr Inge memberikan tips untuk mencuci buah dengan air hangat dan sabun kemudian dibilas dengan air mengalir. Saat ini juga tersedia sabun khusus untuk mencuci buah yang bisa digunakan. Jika Anda masih khawatir, bisa juga mengonsumsi buah-buahan organik.

Tahukah kalau nutrisi tertinggi buah terdapat pada kulitnya? Ya. Para ahli juga mengatakan kulit beberapa jenis buah merupakan sumber utama antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit dan menunda datangnya keriput pada wajah kita. Jadi, urungkan niat mengupas kulit buah-buah berikut dan nikmati khasiatnya bagi tubuh kita.

1. Apel. Kulit buah favorit banyak orang ini memiliki kandungan fitokemikal 87% lebih banyak dibanding yang terdapat pada dagingnya. Fitokemikal merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai senjata penumpas kanker.

2. Mentimun. Ingin kulit senantiasa kencang? Makanlah menitmun yang belum dikupas kulitnya. Buah yang biasa digunakan sebagai lalapan ini kaya akan kandungan silika, yaitu mineral yang tergolong komponen kolagen untuk kulit kita. Dengan kadar kolagen yang tinggi maka kulit kita akan terus terjaga kekenyalan dan kekecangannya.

3. Terong. Dalam kulit satu buah terong memiliki sekitar 300 mg nasunin, yaitu zat antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel pada otak.

Tip : Jangan lupa untuk mencuci buah dengan air bersih sebelum kita gunakan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit buah. (fn/km/[i) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar