Rabu, 06 April 2011

19 Kesalahan Fatal Memulai Bisnis



ILUSTRASI: Setiap orang tentu berharap bisnis baru yang mereka kembangkan bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Akan tetapi, jika kurang berhati-hati melangkah, sejumlah kesalahan finansial yang dilakukan bisa berakibat fatal dan menghancurkan kelangsungan bisnis. (foto: Google)

ILUSTRASI: Setiap orang tentu berharap bisnis baru yang mereka kembangkan bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Akan tetapi, jika kurang berhati-hati melangkah, sejumlah kesalahan finansial yang dilakukan bisa berakibat fatal dan menghancurkan kelangsungan bisnis. (foto: Google)
Setiap orang tentu berharap bisnis baru yang mereka kembangkan bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Akan tetapi, jika kurang berhati-hati melangkah, sejumlah kesalahan finansial yang dilakukan bisa berakibat fatal dan menghancurkan kelangsungan bisnis.

Nah, jika Anda berniat untuk memulai bisnis kecil pribadi, ada baiknya belajar dari beberapa kesalahan-kesalahan finansial yang umumnya dilakukan pemilik bisnis, seperti diutarakan Alice Magos, seorang penulis senior dan analis bisnis kecil du CCH, Chicago, berikut ini:

Perencanaan buruk
Banyak pebisnis baru membuat perkiraan optimis yang liar tentang penjualan di masa depan, kata Magos. Agar bisa bertahan, Anda harus membuat perkiraan keuangan secara mendetail yang mencakup strategi harga, perkiraan pengeluaran langsung serta variabelnya, dan perencanaan arus kas. Jika ragu, pikirkan kemungkinan penjualan terburuk dan lebihkan perkiraan tagihan Anda. Anda juga harus menganalisis target pasar dan mempelajari para pesaing Anda.

Kekurangan modal
Hal ini merupakan kesalahan terbesar dalam memulai bisnis baru menurut Magos. Modal awal yang kurang bisa menghancurkan usaha dan membahayakan biaya hidup keluarga Anda. Sebelum memulai sebuah bisnis, pastikan Anda memiliki uang tunai di tangan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, sampai mendapatkan pelanggan yang memberikan keuntungan untuk bisnis Anda.

Gagal membuat catatan akurat
"Ketidakacuhan bukan kebahagiaan dalam bisnis," kata Magos. Gagal membuat catatan keuangan secara akurat bisa menimbulkan masalah dengan pajak usaha, dan berisiko mengancam masa depan bisnis Anda. ''Catatan akunting memberitahu Anda apa yang berjalan benar dan apa yang salah, dan memberi petunjuk mengenai jebakan yang mungkin muncul di masa depan," katanya.

Gagal mengelola arus kas
Kelebihan inventaris, manajemen akun piutang yang buruk, dan kebijakan kredit yang buruk dapat membuat bangkrut usaha yang dinyatakan layak. "Ini adalah penyebab seretnya aliran kas Anda," kata Magos.

Kurangnya asuransi memadai dan manajemen risiko
Kurangnya perencanaan untuk skenario terburuk dapat mengundang bencana, baik dalam bisnis maupun kehidupan pribadi. Pilih badan hukum terbaik untuk membatasi kewajiban pribadi Anda. Gunakan asuransi untuk mentransfer risiko. Selain itu, jangan lupa untuk menganggarkan dana untuk melindungi aset fisik dan digital Anda, Magos memperingatkan.

Sementara itu, apakah anda adalah seorang internet marketer? Jika anda bergelut menggeluti bisnis internet dan kesuksesan belum juga menghampiri anda, ada baiknya untuk menyimak artikel ini terlebih dahulu.

Betapa banyak pebisnis internet yang sudah bekerja sangat keras, bahkan menghabiskan sebagian besar uang dan waktunya untuk meraih kesuksesan, tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Justru sebaliknya, mereka malah kehilangan banyak uang, waktu bersama keluarga hilang terbuang, sementara kesuksesan yang diangankan belum juga tercapai.

Artikel ini dikutip dari ebook milik Om Joko Susilo yang berjudul "14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet, dan Bagaimana Cara Mendobraknya!" di mana ebook ini membahas tentang kesalahan yang umum atau sering dilakukan oleh para internet marketer disertai dengan cara untuk mendobraknya.

Berikut kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para internet marketer :

Kesalahan # 1.

Terlalu Banyak Belajar
Rata-rata pendatang baru di internet marketing punya nafsu belajar yang besar. Begitu anda berminat terjun di sini, anda seolah haus ilmu internet marketing. Semua produk tentang pemahaman internet marketing anda lahap habis (biasanya berupa ebook). Semua metode anda pelajari. Nasihat semua ahli internet marketing anda ikuti.

Dan seperti yang lazim terjadi, ketika anda membaca apa yang dikatakan ahli marketer A, anda mulai bersemangat melakukan sesuai caranya. Sampai kemudian ada ahli marketer B yang merampas fokus dan perhatian anda. Akibatnya, fokus anda kemudian beralih dari si A ke si B.

Perlu anda mengerti, orang sukses bertebaran di seluruh dunia. Semuanya memprovokasi bahwa anda juga dapat mengikuti jejak kesuksesan mereka! Tapi, jangan terjebak api semangat anda sendiri. Bisa saja hidup anda malah jadi gosong!

Selama anda masih dalam kondisi ini, anda TIDAK AKAN PERNAH mencapai sukses. Karena keadaan anda ibarat tikus yang berlari di atas roda. Dan itu bukan kondisi yang bisa membawa kesuksesan.

Kesalahan # 2.

Ketagihan Menjajal Berbagai Ide
Kita mungkin punya 1.000 gagasan di otak kita pada saat bersamaan. Dan sering sebelum kita menyelesaikan SATU proyek, kita langsung meninggalkan ide tersebut untuk menggarap ide yang lain. Kadang kita mencoba membuat dua atau tiga website sekaligus. Tapi hasilnya tidak memuaskan. Bukan saja tujuan kita tidak lekas tercapai, tapi ini akan sangat mudah membuat kita frustasi!

Ingat, sekalipun banyak marketer yang sukses melakukan banyak proyek sekaligus, tapi mereka melakukannya seperti ini:

SATU website pada satu waktu

SATU projek pada satu waktu

SATU strategi pada satu waktu.

Kesalahan # 3.

Tidak Menganggapnya Sebuah Bisnis
Banyak orang memulai bisnis internet hanya untuk mengisi waktu senggang mereka. Mereka menganggap bisnis ini hanya iseng-iseng berhadiah. Satu jam ngurusi ini… satu jam ngurusi itu… atau bahkan kalau sedang mood saja.

Apa anda pernah beranggapan demikian? Menurut anda, bisakah sukses dengan cara seperti ini? Jika anda benar-benar ingin sukses, anda harus SERIUS. Anda harus memperlakukan bisnis ini seperti bisnis sesungguhnya. Anda boleh atur jam kerja anda untuk bisnis ini, tetapi gunakan waktu tersebut dengan benar. Tepati jadwal yang sudah anda buat!

Kesalahan # 4.

Menunggu Sampai Tahu Segalanya
Anda pernah berada di tahap ini? Menunda bisnis dengan alasan klasik, “belum mudeng A, belum tahu B, belum ngerti C...”

Ini masalah besar yang akan menghambat anda! Memang benar anda perlu tahu dasar-dasar membuat bisnis online. Tapi jangan terjebak. Belajar internet marketing itu bukan seperti pelajaran di kelas. Tapi, learning by doing. Anda bisa belajar sambil mulai membangun bisnis internet anda. Malah kadang pelajaran TERBAIK berasal dari kesalahan yang anda perbuat.

Jika ada sesuatu yang tidak anda tahu, segera tanyakan. Jangan biarkan hal ini membuat anda menunda untuk mulai mempraktekkan bisnis ini. Segera langkahkan satu kaki di depan kaki lainnya. Seperti slogan Nike… ”Just do it”!

Kesalahan #5.

Tidak Cukup Percaya Diri
Ini masalah yang kerap menimpa banyak pebisnis online. Sering kita bergulat dengan perasaan kita sendiri. Kita merasa belum punya banyak bekal menjalankan bisnis ini. Dan, akibatnya kita sama sekali tak pernah memiliki bisnis internet.

Ada yang menyebut problem ini sebagai bagian dari rasa rendah diri. Anda merasa belum cukup bagus, merasa belum cukup siap, dan malu jika ada orang lain yang melihat apa yang anda lakukan. Jangan biarkan ini terjadi pada diri anda

Kesalahan #6.

Tidak Serius Menjalaninya
Apa anda seorang marketer yang MALAS? Mungkin tidak… tapi banyak hal lain yang harus anda lakukan. Atau, barangkali bisnis internet hanya menjadi prioritas anda yang nomor sekian. Untuk menjadi sukses, anda harus serius melakukannya! Ketika saya bilang serius, bukan berarti anda harus menghabiskan 24 jam hidup anda untuk mengurusi bisnis ini (meski tidak sedikit pebisnis internet yang bahkan menghabiskan waktunya lebih dari yang seharusnya).

Kesalahan #7.

Rajin Mendalami Tanpa Berbuat Apapun
Ikut pelatihan itu bagus. Apalagi bagi anda para pemain baru di bisnis ini. Banyak hal menarik yang bisa anda jumpai. Di sana juga banyak informasi menarik yang bisa anda baca, lihat, dan dengar. Itu bukan hal yang jelek.

Hati-hati! Kadang anda malah jadi terlena dengan kesibukan macam ini. Andapikir makin banyak yang kita tahu, makin banyak pula yang kita hasilkan. Padahal ini berbahaya. Karena waktu anda jadi tersita. Tahukah anda bahwa kita tak bisa sukses kalau hanya belajar saja. Anda butuh ACTION!

Kesalahan #8.

Tanpa Tujuan Tanpa Rencana
Sudahkah anda meluangkan waktu untuk memetakan semua uneg-uneg yang ada di kepala anda? Sudahkah anda membuat rencana kerja harian sebagai internet marketer? Kalau anda belum punya rencana bisnis, siap-siap saja untuk gagal. Kenapa begitu?

Seperti bisnis offline, internet marketing juga perlu planning dan target. Jadi anda punya pegangan, “apa yang harus saya lakukan selanjutnya? ”Misal, hari ini anda berpartisipasi dalam affiliate program. Dua minggu lagi situs web affiliate anda harus sudah jadi. Dan, promosi-promosi produk harus anda gencarkan. Nah, setelah sukses jadi affiliate marketer, anda bisa beralih menjadi blogger. Selanjutnya, silakan membuat produk sendiri dan pasarkan di situs web anda sendiri!

Kesalahan #9.

Takut Bertanya Tersesat Selamanya
Hari ini mungkin pengetahuan anda tentang internet marketing belum beranjak dari angka NOL besar. Lantas apa yang akan anda lakukan? Apa anda hanya akan browsing di samudera internet? Mencari sendiri ilmu internet marketing yang anda butuhkan?

Waktu anda bisa habis. Memang benar anda akan menemukan banyak harta karun. Tapi, sebagian besar hidup anda akan habis demi berselancar dan berburu ilmu saja.

Bergabunglah dalam suatu forum/blog. Tentu yang mengupas habis internet marketing. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membunuh ketidak-tahuan anda.

Kesalahan #10.

Melakukan Sendiri - Tidak Mencari Mentor
Agar bisnis internet anda cepat sukses, carilah seorang mentor. Karena mentor akan membantu memecahkan masalah yang anda temui. Ia juga akan mendorong anda untuk cepat memulai bisnis anda. Mentor yang baik tidak akan berhenti berkata, “LAKUKAN SEKARANG JUGA!”

Jika anda BENAR-BENAR ingin sukses, cari mentor yang bisa membimbing anda. Dan, temukan pakar internet yang sudah teruji keberhasilannya.

Kesalahan #11.

Fokus Setengah-setengah
Terjun di bisnis yang sama sekali baru memang tidak gampang. Perasaan was-was tidak bakal sukses di internet marketing pasti acap kali mendatangi anda. Akibatnya, anda tidak mencurahkan perhatian 100% pada bisnis ini.

Apalagi jika penghasilan anda dari internet marketing belum sesuai harapan... perhatian anda pasti akan beralih pada bisnis offline. Dan, anda akan berpikir, “saya akan serius di bisnis nyata...!”

Kesalahan #12.

Rumput Tetangga Selalu Terlihat Lebih Hijau
Kita sering merasa jauh tertinggal dari orang lain. Rasanya orang lain jauh lebih sukses dan menghasilkan lebih banyak uang. Sementara kita merasa cuma bisa menghasilkan uang yang lebih sedikit.

Kesalahan #13.

Suka Berhayal dan Menunda-nunda
Dalam internet marketing anda tidak boleh membuang waktu percuma. Anda tahu kalau berkhayal itu hanya kegiatan menghabiskan waktu? Saat anda sibuk dengan khayalan anda tentang kesuksesan, sebenarnya anda bisa lebih realistis dengan bertindak nyata mengupayakan terjadinya kesuksesan itu. Sekarang dan saat ini juga! Bukan nanti setelah anda puas mengkhayal.

Kesalahan #14.

Terlalu Mudah Menyerah
Internet marketing itu membutuhkan kerja dan dedikasi. Dan, tahukah anda, banyak internet marketer menyerah justru ketika mereka sudah mendekati kesuksesan? Permasalahannya, kita ini punya penyakit ‘terlalu mudah menyerah’. Belum ada pencapaian apa-apa kita sudah ngos-ngosan. Padahal garis finish tinggal dua meter di depan kita. Apakah kesalahan-kesalahan di atas ada yang melekat pada diri anda? Satu, Dua, Tiga, Lebih dari Tiga atau bahkan semua? 14 kesalahan potensial di atas dapat menyebabkan bisnis anda gagal dan terpuruk. (fn/mi/rk) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar