Minggu, 24 April 2011

Inilah Teknik Berkomunikasi Efektif

DALAM dunia bisnis, saat seseorang berbicara, ia harus mampu menampilkan citra dirinya sebagai seorang profesional, sekaligus orang yang berkompeten. Mengapa begitu? Karena lewat komunikasi yang efektif dan berdampak, seorang pebisnis bisa meraih kesuksesan.

Menurut perkumpulan Wisconsin Business Alumni dari University of Wisconsin, keahlian berkomunikasi secara efektif bisa membuat seseorang mampu membangun hubungan bisnis dengan baik.


Tanda Komunikasi Efektif

Agar bisa melakukan komunikasi yang efektif, seseorang harus mampu mendengar dengan baik terlebih dahulu. Salah satu elemen mendengarkan dengan baik, selain memperhatikan setiap perkataan, juga dengan memperhatikan bahasa tubuh si komunikan. Karena itulah, jika ingin menampilkan kesan terbuka kepada rekan bisnis atau calon rekan bisnis, jangan menyilangkan tangan Anda di dada saat berbicara karena ini mengesankan Anda adalah orang yang tertutup.

Selain itu, jagalah kontak mata dengan lawan bicara. Ini akan memberi kesan bahwa Anda tertarik dengan pembicaraannya. Jangan menunjukkan bahasa tubuh yang gelisah karena ini akan membuat lawan bicara berpikir bahwa Anda bosan atau tak tertarik dengan apa yang dikatakannya. Berikutnya, bicaralah atau menulislah dengan pesan yang ringkas dan jelas. Jangan sampai pesan yang Anda sampaikan menimbulkan pesan bersayap yang bisa disalahartikan.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar