Rabu, 06 April 2011

Cara Cepat Belajar Bisnis


ILUSTRASI: Suatu perusahaan memerlukan strategi. Strategi inilah yang kemudian dinamai sebagai strategi perusahaan. Strategi perusahaan dapat didefinisikan sebagai formula unik yang dibuat untuk mencapai kesuksesan. (foto: Google)

Tidak ada yang bisa menggantikan bekerja dalam sebuah usaha. Bahkan jika Anda bekerja dalam jangka waktu yang sangat pendek dalam kapasitas sebagai pekerja tingkat bawah, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman memadai tentang bagaimana usaha tersebut berjalan karena praktik bagaimanapun juga lebih baik dari hanya sekadar membaca buku atau melakukan penelitian.

Misalnya, Anda yang masih mahasiswa memutuskan untuk akan memulai sebuah usaha surat kabar kelak. Alih-alih menunggu hingga beberapa tahun untuk mencapai posisi tinggi dalam jajaran staf surat kabar atau menunggu kelulusan untuk bisa memulai usaha, Anda bisa bekerja paruh waktu di sebuah usaha surat kabar lain sebagai seorang proofreader (orang yang betugas memperbaiki kesalahan tanda baca dan ejaan). Memeriksa surat kabar tidak terlalu berbeda jauh dari pekerjaan memeriksa makalah atau esai kuliah, tetapi ini akan menempatkan Anda dalam atmosfer kerja kantor surat kabar yang nyata. Pekerjaan sebagai proofreader memungkinkan Anda untuk mengamati pekerjaan lain yang lebih menyenangkan dan lebih penting yang sedang dilakukan orang lain. Hasilnya? Saat Anda benar-benar terjun ke dunia usaha surat kabar nanti, Anda akan jauh lebih berpengalaman daripada hanya sekadar melakukan penelitian pustaka, karena Anda benar-benar mengetahui apa yang orang-orang lakukan untuk mengoperasikan sebuah bisnis surat kabar.

Pendekatan alternatif lainnya, jika Anda membeli sebuah usaha, lakukan dengan mempekerjakan si penjual dalam jangka waktu yang pendek untuk menunjukkan pada Anda bagaimana operasionalisasi sehari-hari yang dilakukan. Pastikan untuk menulis kesepahaman semacam itu dalam perjanjian penjualan dan pembelian, termasuk menahan sebagian uang pembayaran hingga Anda telah mengetahui dengan mendalam apa saja yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Anda bisa juga menghubungi relasi bisnis atau kenalan Anda atau perkumpulan pengusaha di sekitar Anda untuk mengetahui jika ada seminar atau pelatihan yang berhubungan dengan cara-cara memulai usaha. Suatu perusahaan memerlukan strategi. Strategi inilah yang kemudian dinamai sebagai strategi perusahaan. Strategi perusahaan dapat didefinisikan sebagai formula unik yang dibuat untuk mencapai kesuksesan. Strategi tersebut menjadi pondasi bagi pembuatan rencana bisnis dan menentukan pengambilan kebijakan serta pengelolaan bisnis sehari-hari. Strategi ini bukanlah sebuah pembatasan bisnis dan ringkasan dari pasar yang relevan tetapi lebih sebagai penjelasan atas salah satu atau beberapa faktor penentu yang membedakan perusahaan yang bersangkutan dari para pesaingnya serta yang paling diharapkan untuk memberikan sumbangan untuk pencapaian keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang.

Agar bisa lebih efektif, strategi perusahaan seharusnya tidak melebihi satu halaman kertas buku tulis. Intinya, jadikan strategi perusahaan sebagai rangkaian kata yang mudah diingat sehingga lebih mudah disampaikan kepada seluruh jajaran staf. Panjangnya relatif, tetapi bagi sebagian besar usaha, satu kalimat saja sudah cukup untuk menjadi sebuah strategi bisnis. Dengan sifatnya yang mudah disampaikan/ dikomunikasikan kepada orang lain, akan tercapai fokus bisnis kohesif yang selalu terjaga.

Lalu mengapa kita harus mengembangkan strategi perusahaan? Semua perusahaan, dari satu usaha baru yang diawaki satu orang hingga perusahaan konglomerasi multinasional, idealnya memiliki sebuah strategi. Mengikuti strategi yang berbeda dan baik akan memastikan perusahaan untuk membangun, menjaga dan secara terus menerus memperkuat identitas spesifik di pasar.

Dengan berperan sebagai sebuah batu loncatan bagi perencanaan bisnis tahunan, sebuah strategi akan menjadi inti yang memberikan panduan dalam mengembangkan business plan tahunan. Strategi juga akan membentuk sebuah kerangka untuk membantu mempertimbangkan penyimpangan jangka menengah yang melenceng dari rencana semula. Di samping itu, ini juga akan membantu mengatur arah yang konsisten untuk area fungsional yang vital. Sebuah strategi yang baik harus dapat bertahan tahun demi tahun dan kemudian akan dapat menghubungkan business plan satu periode dengan business plan periode berikutnya. Ini juga akan memungkinkan perusahaan untuk lebih mudah bekerja dengan berdasarkan pada pencapaian tahun sebelumnya.

Tanpa strategi yang diikuti dengan baik atau terdefinisi dengan jelas, perusahaan (baik kecil, menengah, dan besar) cenderung akan kehilangan arah saat harus mengalami kesulitan sementara atau saat manajemen merasa bosan dalam mengelola bisnis lama yang serupa.

Strategi bisnis juga membuat posisi kita lebih jelas di mata konsumen. Bayangkan Anda seorang pelanggan restoran burger. Suatu hari tiba-tiba, restoran favorit Anda tersebut menawarkan pada Anda masakan Jawa dalam pilihan menunya. Hal apa yang terlintas dalam benak Anda? ‘Taktik’ usaha semacam ini justru menyampaikan pesan pada konsumen kita bahwa perusahaan kita tengah mengalami kebingungan, disorientasi dalam hal strategi. Dan itu bisa berakibat kontraproduktif pada usaha kita.

Tidak ada satu jenis bisnis apapun di dunia yang 100% kebal dari rendahnya displin dalam penerapan strategi. Tanpa memedulikan jumlahnya, hasil keuntungan dan penjualan dari diversifikasi bisnis yang kurang relevan dapat dipastikan hampir selalu mengecewakan. (fn/c2p) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar