Rabu, 22 Juni 2011

Mata Kuliah Paling Aneh

Hanna Meinita
Mata Kuliah Suka Cita Bersama Sampah di Santa Clara University. (Foto: Huffingtonpost)
Mata Kuliah Suka Cita Bersama Sampah di Santa Clara University. (Foto: Huffingtonpost)



WASHINGTON - Kuliah merupakan waktu untuk memperluas wawasan. Saat kuliah, kamu bisa mengeksplorasi banyak hal dan belajar mandiri. Pasalnya, saat kuliah di setiap semester, kamu menentukan mata kuliah yang akan kamu jalani. Lantas bagaimana jika mata kuliah yang ada ekstrim dan unik?
 
Berikut adalah beberapa mata kuliah di Amerika Serikat yang ekstrim dan unik, seperti dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (22/6/2011).
 
1. Teknik Menjahit Historis untuk Keseharian di Hampshire College

Ini merupakan kelas yang lamanya hingga empat jam. Kelas yang berhubungan dengan Program Eksperimental Pendidikan dan Masyarakat Hampshire ini mengajarkan mahasiswanya menjahit seperti mereka nenek buyut.

2. Sirup Maple di Alfred University
 
Mata kuliah ini menjelaskan setiap aspek dari sirup maple. Jika mengikuti kelas ini, kamu juga bisa menyeruput sirup maple.
 
3. Bagaimana Menonton TV di Montclair State University
 
Mata kuliah ini terbuka untuk mahasiswa jurusan penyiaran dan non-jurusan penyiaran. Di kelas ini kamu diajarkan cara menganalisa televisi dan sejauh mana hal ini perlu dipahami oleh penonton. Tujuannya agar mahasiswa dapat mengevaluasi secara kritis peran dan dampak televisi dalam kehidupan sehari-hari serta secara budaya.
 
4. Penemuan Bahasa: Klingon di University of Texas-Austin
 
Mata kuliah di University of Texas-Austin ini akan menggali pertanyaan seperti, “Apakah mungkin ada bahasa yang sepenuhnya berdasarkan pada skala musik?”

5. Lukisan Mural (Fresco) yang Mudah Dipindahkan di Colby College

Umumnya, orang yakin bahwa lukisan mural (fresco) tidak dapat dipindahkan. Namun, di Colby College kamu bisa tahu dengan cara mempelajari teknik media age-old karena mereka membuat substrat kayu dan bubut, menggiling pigmen, dan cat untuk membuat Fresco Buon di gips basah dan kemudian membawanya pulang.

6. Melihat Binatang di Evergreen State College

Di kelas ini, mahasiswa akan belajar bagaimana melihat, memahami dan mewakili binatang. Melalui ceramah, seminar dan bacaan umum, mahasiswa akan meneliti hubungan manusia dengan binatang seperti yang digambarkan dalam seni, sastra dan film animasi. Mahasiswa akan melihat binatang melalui seni dan sejarah media.

7. Suka Cita Bersama Sampah di Santa Clara University
 
Di kelas ini mahasiswa diajarkan jalur produk limbah mulai dari dibakar, membusuk, dikubur, dirawat, daur ulang, digunakan kembali, dibuang di masyarakat minoritas, hingga dikirim ke luar negeri. Menggunakan kimia dasar dan prinsip biologi, kelas ini akan membahas nasib detritus organik dan non-organik, dan mencari solusi berkelanjutan untuk masalah limbah.

8. Zombie di Media Populer di Columbia College
 
Mata kuliah ini mengeksplorasi sejarah, signifikansi, dan eksistensi zombie sebagai tokoh dalam kisah horor dan fantasi. Tugas hariannya fokus pada refleksi dan komentar mengenai zombie, sementara pada proyek akhir mahasiswa harus membina hubungan mendalam dengan sesosok zombie.
 

9. Bagaimana Jika Harry Potter Benar-benar Ada? di Appalachian State University
 
Mata kuliah ini bertanya kepada mahasiswanya, “Bagaimana imajinasi historis menginformasikan sastra dan fantasi. Bagaimana fantasi membentuk kembali bagaimana kita melihat sejarah?”
(rfa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar