Kamis, 23 Juni 2011

Facebook Kini Memiliki 750 Juta Pengguna


  

TEMPO Interaktif, Jakarta - Facebook telah mencapai satu lagi tonggak bersejarah. Menurut sumber yang dekat dengan perusahaan itu, situs jejaring itu saat ini memiliki 750 juta pengguna aktif setiap bulan.

Ketika dikonfirmasi TechCrunch, juru bicara perusahaan menanggapi bahwa belum bisa mengumumkan sesuatu saat ini. Perusahaan itu memang tidak pernah merilis data pengguna terbaru sejak jejaring itu mencapai 500 juta pengguna hampir setahun lalu. Facebook jelas telah berkembang sejak saat itu. Perusahaan itu diyakini menunggu sampai menyentuh angka 1 miliar sebelum resmi memperbarui data mereka.

Data terbaru semiresmi datang dari bocoran laporan Goldman Sachs yang dikirim ke investor potensial. Mereka mematok Facebook pada angka 600 juta pengguna di bulan Januari.

Sementara, ada sejumlah laporan dari sumber-sumber tidak resmi yang melacak pertumbuhan Facebook. Socialbakers melaporkan pada akhir Mei bahwa situs tersebut memiliki sekitar 700 juta pengguna dan Inside Facebook melaporkan bahwa angkanya 687 juta di awal bulan ini. Data ini sulit untuk ditafsirkan karena didasarkan pada perusahaan pihak ketiga, seperti Quantcast dan/atau fasilitas iklan Facebook yang mungkin tidak benar-benar akurat.

Satu hal yang penting yang perlu dicatat adalah tidak seperti kebanyakan layanan online, penghitungan pengguna Facebook dilakukan dengan menghitung mereka yang telah Log In dalam 30 hari terakhir, sedangkan banyak situs yang hanya melaporkan pengguna kumulatif dan tidak memperhitungkan mereka yang berhenti menggunakan layanan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar