Sabtu, 18 Juni 2011

Musabaqah Hafalan Al-Qur'an dan Hadits Tingkat Nasional Kembali Digelar



 
 
Hidayatullah.com—Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) tingkat nasional Indonesia kembali digelar untuk yang keempat kalinya. Acara yang diadakan oleh Atase Agama Kedutaan Arab Saudi bekerjasama dengan Kementerian Agama RI itu berlangsung selama tiga hari, mulai Ahad (19/6) hingga Selasa (21/6) di Lembaga Penjaminan Mutu dan Pendidikan (LPMP) Jl. Nangka No. 60 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Musabaqah ini disponsori oleh Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud, rutin diselenggarakan setiap tahun sejak 2008 lalu. Selain dengan Kementerian Agama, Kantor Atase Agama Kedutaan Saudi Arabia di Indonesia juga bekerjasama lembaga-lembaga Islam lainnya.

Beberapa tujuan diadakannya kegiatan tahunan ini, yaitu sebagaimana yang dijelaskan sekertaris panitia MHQH, Shobahussurur kepada Hidayatullah.com sore (18/6) tadi bahwa yang pertama, bagi peserta musabaqah diharapkan bisa menjadi kader-kader bangsa yang peduli kepada agama dan negaranya serta dapat melaksanakan Al-Qur’an sebaik-baiknya.
Kedua, kata Shobah, agar masyarakat dapat termotivasi untuk lebih rajin belajar dan memahami Al-Qur’an sehingga dapat mengamalkannnya.

Ketiga, bagi lembaga-lembaga Islam agar bisa memberikan pendidikan khusus tentang Al-Qur’an kepada anak didiknya.
“Tiga poin penting tadi, yaitu bagi peserta musabaqah, bagi masyarakat dan bagi lembaga-lembaga Islam,” terang dosen Fakultas Ushuluddin di Universitas Islam Negeri Jakarta ini.
MHQH 2011 diikuti oleh 189 peserta dari beberapa lembaga Islam di berbagai daerah. Pemenang 1, 2, dan 3 dari masing-masing cabang yang ada (30 juz, 20 juz, 15 juz, 10 juz & hadits) otomatis akan menjadi peserta lomba tingkat ASEAN Pasifik yang akan dihelat pada 26-28 Juni nanti di Masjid Istiqlal.*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar