Selasa, 07 Juni 2011

Terapi Hormon Sebagai Solusi Meninggikan Tubuh Anak-Anak Pendek




Ada sebagian anak lelaki yang memiliki tinggi badan tertinggal dari teman-teman sebayanya. Karena berperawakan pendek, mereka bisa merasa minder. Bagi orang tua yang memiliki anak-anak lelaki dengan perawakan pendek, ada solusi yang membuat mereka bisa lebih tinggi. Yakni, dengan terapi hormon pertumbuhan (growth hormone). Omni Medical Center Hospital, di kawasan Pulo Mas, Jakarta Utara, membuka dan meresmikan Klinik Endokrin Anak, yang terletak di lantai 3, Jumat (1/8).
Di klinik ini anak-anak yang ingin melakukan terapi dengan pertumbuhan hormon akan diukur terlebih dahulu tinggi normal pada umurnya dan berapa tinggi yang harus dikejar oleh pasien terapi. Dengan begitu akan dilihat berapa jumlah hormon yang diperlukan untuk pasien. Beberapa bulan setelah terapi, anak akan dievaluasi hasilnya, untuk mengetahui apakah pemberian hormon pertumbuhan perlu dikurangi ataukah sudah cukup.
Saat ini ilmu pengetahuan tentang hormon tengah berkembang dengan amat pesat di seluruh dunia.
"Anak lelaki di Cina dan negara Asia lainnya kini mengalami pertumbuhan tinggi badan yang lebih pesat daripada tahuntahun sebelumnya,’’ ujar dr Hardjono Djatioetomo Sp And, pencetus lahirnya Klinik Endokrin Anak ini.
Ahli infertil itu melanjutkan, berbeda dari penggunaan hormon pertumbuhan di masa sebelumnya, penggunaan hormon pertumbuhan saat ini lebih dinamis karena dilakukan evaluasi pada hasil terapinya.
Ia berpesan, pemberian hormon pertumbuhan pada anak sebaiknya dilakukan sebelum anak memasuki usia pubertas. Pada masa pubertas pemberian hormon pertumbuhan tidak akan memberikan hasil yang maksimal sebagaimana apabila dilakukan di usia 4 - 12 tahun.
"Tidak perlu khawatir anak akan terkena penyakit Acromegali atau penyakit kelebihan hormon bila melakukan terapi ini. Pemberian hormon pertumbuhan tidak akan membawa efek samping selama dilakukan di bawah pengawasan,’’ tutur Hardjono.
"Di sini akan dilakukan pengukuran dan evaluasi secara bertahap sehingga tidak perlu khawatir akan terjadi kelebihan hormon,’’ ujar Hardjono, kepala Bagian Bayi Tabung Omni Medical Center Hospital.
Selain melakukan terapi untuk pertumbuhan tinggi badan pada anak, di Klinik Endokrin ini Anda dapat juga melakukan terapi dengan hormon untuk berbagai permasalahan seperti obesitas, mengatasi penuaan, mengatasi permasalahan moicropenispada anak dan masih banyak lagi.
"Mengatasi berbagai permasalahan dengan terapi hormon memang menjadi keunggulan klinik ini,’’ ujar Hardjono.
Kalau sebelumnya masalah obesitas diselesaikan secara khusus, begitu pula dengan penanganan permasalahan penuaan serta micropenisyang harus dilakukan dengan ahli hormon tersendiri. Di klinik Endokrin ini semuanya ditangani secara terpadu.
"Klinik ini menerima rujukan dari dokter-dokter sebelumnya,’’ ujar Hardjono. Menurutnya, rujukan yang datang bisa berasal dari dokter gizi, dokter kecantikan, hingga rujukan untuk memperbaiki ingatan pada orang-orang yang mulai mengalami pikun akibat proses penuaan. (fkr/rol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar