Kamis, 26 Mei 2011

Jangan Asal Lanjutkan S2!

Rani Hardjanti
Image : Corbis.com
Image : Corbis.com
APA yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah? Kebanyakan para penyandang sarjana strata satu langsung menjadi job seeker. Tapi, kenapa tidak mencoba melanjutkan S2?

Melanjutkan S2 memang harus dipertimbangkan secara matang. Selain budget harus mendukung, alasan untuk melanjutkan kuliah S2 harus jelas.

Ada beberapa alasan yang perlu kamu sadari. Kebanyakan orang, mengambil S2 untuk mengejar karier yang memang mensyaratkan pendidikan minimal S2. Ini dibutuhkan jika kamu berminat menjadi dosen, beberapa posisi di kantor pemerintah. Dengan gelar S2, kamu akan memiliki nilai yang lebih. Pastinya, gaji akan lebih besar.

Alasan lainnya untuk menambah ilmu yang lebih luas. Tak dipungkiri ada beberapa ilmu yang memang tidak bisa diterapkan dengan konsep learning by doing. Nah, di dalam kelas S2 kamu juga bisa membuka jaringan. Karena, rata-rata mereka sudah sudah mengenyam dunia kantoran. Maka, jangan heran kalau nanti di dalam kelas kamu memiliki teman mulai dari usia sama sepertimu atau seumuran orangtua.

Sementara, dengan meneruskan S2, tanggung jawabmu akan lebih besar lagi. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai tugas, makalah, atau penelitian yang lebih banyak dibanding saat menempuh gelar S1. Kerja kelompok juga akan menjadi bagian dari kegiatanmu sehari-hari nantinya.

Yang perlu digarisbawahi, motivasimu mengejar gelar S2, jangan sekadar menambah gelar agar gengsi demi mendongkrak prestis. Tapi lebih dari itu. Selamat memilih.

sumber : http://kampus.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar