Rabu, 13 Juli 2011

Membaca Buku Bersama Bikin si Kecil Lebih Siap Sekolah

Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta, Orangtua yang membaca buku bersama anaknya ternyata memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Salah satunya adalah meningkatkan kesiapan si anak untuk memasuki dunia sekolah.

Peneliti mengungkapkan pengalaman belajar di rumah seperti membaca buku dengan orangtua bisa meningkatkan kesiapan anak-anak prasekolah untuk mulai masuk ke dunia sekolah.

Dalam studi baru tersebut peneliti melibatkan 1.850 anak-anak di Amerika Serikat dan ibunya. Peneliti dari New York University melakukan kunjungan ketika anak berusia 1, 2, 3 dan 5 tahun.

Peneliti akan melihat seberapa sering anak-anak ikut serta dalam kegiatan sastra (membaca buku bersama-sama), kualitas interaksi ibu dengan anaknya (seberapa sering frekuensi bicara ibu dengan anak dan variasinya), ketersediaan bahan belajar termasuk buku anak-anak serta menilai jumlah kata yang diketahui dan dipahami oleh anak saat berusia 5 tahun.

Hasil yang didapatkan adalah perbedaan lingkungan belajar anak di rumah bisa mempengaruhi kesiapan anak-anak dalam memulai sekolahnya. Hal ini dilaporkan dalam jurnal Child Development.

Misalnya anak-anak yang lingkungan belajar di rumahnya lebih rendah akan memungkinan ia mengalami keterlambatan bahasa dan keterampilan aksara saat akan memasuki sekolah dibanding anak yang lingkungan belajar di rumahnya tinggi.

"Temuan kami menunjukkan bahwa pengalaman belajar harus diperkaya sedini mungkin sejak tahun pertama kehidupannya karena penting untuk pertumbuhan kosakata anak yang nantinya mempengaruhi kesuksesan anak di sekolah," ujar ketua studi Eileen T Rodriguez, seperti dikutip dari HealthDay, Senin (20/6/2011).

Tak ada salahnya jika orangtua menyisihkan waktunya sejenak untuk membaca buku bersama si kecil, sehingga bisa mempengaruhi kemampuan bahasa dan mengenal huruf anak yang akan membantunya mempersiapkan diri ke dunia sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar