Sabtu, 16 Juli 2011

Saat Hidung Buntu


(c)webmd.com
Meski flu atau pilek boleh dikata bukan termasuk jenis penyakit berat yang mematikan, namun penyakit satu ini boleh dikata cukup mengganggu aktivitas seseorang. Berikut ada beberapa tips mudah untuk membuat hidung buntu menjadi lega kembali.
KapanLagi.com - Oleh: Mega Aprilianti


Tempelkan koyo, maka niscaya hidung buntu akan kembali lega. Caranya, saat malam hendak tidur, potonglah koyo (pilih yang kadarnya paling ringan) dengan ukuran lebih kurang 2x1 cm. Tempelkan koyo di bagian atas hidung (antara kedua mata) memanjang ke bawah.

Biarkan koyo menempel semalaman (lebih kurang 9 jam, antara pk.21.00 hingga pk 6.00 keesokan harinya), maka keesokan paginya, hidung Anda akan kembali lega. Cara ini berlaku juga bagi anak-anak, namun ukuran koyo harus dikurangi/ lebih kecil. Sementara bagi yang berkulit sensitif, Anda bisa mengurangi 'aturan normal' di atas mulai dari ukuran koyo, jenis koyo (pilih yang paling ringan), hingga lamanya pemasangan koyo).

Untuk tips mudah dan praktis lainnya adalah dengan menggunakan uap panas. Masaklah air di dalam panci hingga mendidih, pindahkan air ke dalam baskom. Ambil posisi dengan wajah mengarah pada permukaan baskom, biarkan uap panas yang ada menguapi wajah dan hidung Anda. Kenakan handuk untuk menutupi wajah agar uap lebih terfokus. Cara ini akan membuat ingus keluar/ menetes. Lakukan hingga ingus banyak yang menetes, dan hingga hidung terasa lebih lega. Selamat mencoba! (wo/meg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar