Senin, 18 Juli 2011

Tak Sekedar Relaksasi 5 Menit-an

Manfaat sehat tertawa (c) mediard
Beberapa acara di televisi membungkus humor dalam kemasan acara manis, entah kuis, drama keluarga, komedi romantis, reality show, atau acara lawak. Tujuan mereka tak lain adalah menyajikan hiburan bagi para penonton yang membutuhkan sekedar relaksasi 5 menit-an.
 
 
 
 KapanLagi.com - Oleh : Agatha Yunita

Beberapa acara di televisi membungkus humor dalam kemasan acara manis, entah kuis, drama keluarga, komedi romantis, reality show, atau acara lawak. Tujuan mereka tak lain adalah menyajikan hiburan bagi para penonton yang membutuhkan sekedar relaksasi 5 menit-an.

Saat ini untuk mendapatkan rasa bahagia, terhibur dan tertawa adalah hal yang cukup sulit dan mahal. Bayangkan saja, orang-orang di Jepang mengeluarkan uang ratusan ribu yen hanya agar mereka bisa tertawa. Yah semoga ini tidak terjadi di negara Indonesia kita tercinta yang kian lama menimbun banyak masalah ini. Ok kembali pada topik tertawa.

Tertawa adalah hal simple yang seringkali kita abaikan. Padahal dengan tertawa rasa rileks didapatkan tubuh. Tentunya untuk tertawa Anda butuh hal lucu, bukan tertawa tanpa alasan, bisa-bisa Anda dibilang sudah gila. Ada beberapa alasan mengapa tertawa itu bisa menjadi mahal di negara lain:

1. Meningkatkan susunan kimiawi yang baik untuk tubuh

Tak hanya sekedar meregangkan otot-otot di sekitar wajah, bahkan dengan tertawa sejumlah susunan kimiawi di dalam tubuh dapat meningkat. Saat Anda tertawa, beberapa enzim dan hormon yang baik untuk organ (terutama jantung), lepas dan meningkatkan kinerja organ.

2. Meningkatkan sistem immune tubuh

Tak hanya sampai di situ, tertawa ternyata juga meningkatkan sistem immune tubuh dan menekan stres yang muncul akibat kelelahan, tekanan pekerjaan yang terlalu berat, atau masalah yang membebani pikiran.

3. Meningkatkan sistem hormon tubuh

Tertawa sangat berhubungan dengan sistem hormon tubuh, beberapa sistem hormon dipengaruhi intensitas kenaikannya karena kegiatan kecil 'tertawa'. Beberapa hormon yang dipengaruhi yaitu, hormon pertumbuhan, epinephrine, cortisol dan dopac (yang berhubungan dengan stress).

4. Membantu kesembuhan hipertensi

Anda yang menderita darah tinggi sebaiknya memperbanyak tertawa, karena dengan tertawa tekanan darah akan kembali normal. Oksigen yang dipompa ke semua peredaran darah terbagi secara rata dan maksimal, sehingga tekanan darah pun normal.

5. Meningkatkan respirasi tubuh

Masih berhubungan dengan tubuh, respirasi (pernafasan) sangat dipengaruhi dengan tertawa. Beberapa otot, terutama otot abdomen (perut) akan terlatih seiring dengan gerakan yang dilakukan saat tertawa. Mereka akan merasa lebih fresh (aliran darah lancar) sehingga otot-otot akan maksimal dan beberapa kalori akan ikut terbakar lho!

6. Meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain

Gurat-gurat tawa ceria di wajah Anda akan menjadi daya tarik khusus bagi orang-orang di sekitar Anda untuk menyapa Anda. Dapat Anda perhatikan mereka yang jarang tertawa akan dijauhi oleh orang-orang di sekitar, yah karena mungkin mereka enggan menyapa. Namun wajah ramah dan ceria akan secara tidak langsung memberikan signal penerimaan pada setiap yang melihatnya. Makin banyak teman, semakin bahagia bukan?

Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya karena hal kecil tertawa. Karena manfaat yang telah Anda baca di atas, apakah Anda masih ragu untuk tertawa? Bagikan rasa bahagia Anda dengan tertawa dan memberikan senyum termanis pada setiap orang yang Anda temui. (wo/bee)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar